Sabtu, 25 Juni 2016

Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast Lengkap

Plugin WordPress SEO by Yoast (Yoast SEO WordPress – Update 23 November 2015)

Plugin ini sedikit rumit untuk disetting, terutama bagi Anda yang baru di dunia SEO. Banyak fitur yang kemungkinan besar masih cukup asing, begitu pun dengan istilah-istilahnya. Setting yang salah bisa saja membuat blog Anda ‘keluar’ dari indeks Google, atau robot perayap Google berhenti mengindeks konten Anda untuk ditampilkan di hasil pencarian.
Maka dari itu, artikel tentang cara setting plugin WordPress SEO by Yoast ini sengaja dibuat untuk meminimalisir, bahkan menghindari kesalahan-kesalahan yang merugikan tersebut. Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih dalam, berikut beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan dengan plugin ini:
  • Anda bisa memverifikasi blog di Google Webmaster Tool, di Bing Webmaster Tool, hingga Yandex dan Pinterest, semuanya di dalam satu halaman.
  • Anda bisa membuat title meta lengkap dengan meta description hingga meta keywords.
  • Anda bisa membuat breadcrumbXML Sitemap untuk blog Anda dan juga mengubah Robot.txt hingga .httaccess.
  • Plugin ini juga mendukung Facebook Open Graph, juga Twitter dan Google+ sehingga hasil share konten blog Anda di mesin pencari secara otomatis tampil dengan sempurna.
  • Dan masih banyak hal penting lainnya.
Nah, fitur-fitur tersebut adalah kelebihan tersendiri plugin WordPress SEO by Yoast yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis. Maka selanjutnya mari kita setting plugin WordPress SEO by Yoast untuk blog Anda.

Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast (Yoast SEO WordPress – Update 23 November 2015)

Sebelum memulai, pastikan Anda mem-back up terlebih dahulu database WordPress Anda. Setelah itu, jika Anda menggunakan plugin SEO lain, maka export terlebih dahulu setting-nya dan simpan. Kemudian deactive plugin tersebut dan uninstall. Anda juga bisa secara otomatis mengimport kembali hasil setting plugin SEO yang Anda gunakan sebelumnya setelah menginstall plugin WordPress SEO by Yoast.
Kemudian silahkan install dan aktifkan plugin WordPress SEO by Yoast dengan cara masuk ke Dashboard => Plugins => Add New => search plugin tersebut lalu install dan aktifkan. Setelah selesai maka silahkan kembali ke Dashboard dan label menu SEO akan tampil di bawah menu Settings, klik menu tersebut.
(Catatan: Jika Anda sudah mengekspor setting plugin SEO yang sebelumnya Anda pakai, maka langsung saja masuk ke menu Import di Yoast SEO untuk mengimpor file setting sebelumnya. Setelah itu silahkan cocokkan beberapa hal dengan mengikuti tutorial di bawah.)

1. Dashboard

Di label menu SEO, Anda sudah berada di menu Dashboard. Tampilannya terlihat seperti ini:

Di bagian ini Anda akan dihadapkan pada pilihan General, Company Info, Security dan Webmaster Tools. Secara otomatis akan ada panduan di setiap halamannya. Ikuti panduan tersebut, atau jika Anda rasa panduannya mengganggu, close saja karena artikel ini sudah sangat jelas bagi Anda nantinya. Klik Start Tour hanya jika Anda ingin mengikuti panduan dari plugin Yoast SEO.

Klik tab Company Info dan isilah beberapa detail tentang website/perusahaan Anda seperti gambar di bawah:

Keterangan: 
1.Di bagian Website Name, isikan website name dan alternate name agar Google mudah mengidentifikasinya di hasil pencarian.
2. Company or Person: Pilih Company jika website Anda merupakan website perusahaan atau Person jika dikelola secara pribadi.
3. Jika memilih Company, maka isikan Company Name dengan perusahaan Anda dan isikan URL logo perusahaan Anda di bagian Company Logo.
Klik Save Changes jika sudah sesuai.
Di bagian selanjutnya adalah Webmaster Tools. Melalui bagian ini Anda bisa memverifikasi blog Anda ke 5 akun sekaligus: Alexa Rank, Google, Bing, Yandex dan Pinterest. Saya sudah pernah membahas tentang caramemverifikasi blog di Google Webmaster Toolverifikasi blog di Alexa, dan verifikasi blog di Bing Webmaster.
Masukkan kode meta tag dari masing-masing akun yang diberikan untuk memverifikasi blog Anda di kolom yang sudah disediakan, dan klik Save Changes. Silahkan klik Verify di masing-masing akun untuk mulai memverifikasi blog Anda. Selesai di bagian Dashboard!
Di bagian Security, silahkan centang pilihan Disable the Advanced part of the Yoast SEO meta box jika Anda tidak ingin penulis lain atau kontributor di website Anda jika Anda tidak ingin mereka meng-noindex tulisannya, meredirect dan pilihan-pilihan lain yang tidak sesuai dengan kehendak Anda.

2. Titles & Metas


General

Cara setting plugin WordPress SEO by Yoast selanjutnya terletak di menuTitles & Metas. Di halaman ini Anda akan mensetting title dan meta. Mulai dari tab General, silahkan hilangkan centang Force Rewrite Title (atau centang saja – terserah Anda).
Fungsi ini akan mengizinkan plugin tersebut merubah judul konten blog Anda (secara paksa) agar lebih cocok dengan keyword yang Anda gunakan, dan lebih SEO friendly. Tetapi umumnya lebih tepat untuk artikel berbahasa Inggris.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar